Gara-gara Utang, Kick Off Liga 1 Diundur Sampai Batas Waktu Yang Belum Ditentukan

PALEMBANG – Liga 1 tidak jadi kick off, 10 Maret nanti. PT Liga Indonesia Baru (LIB), sebagai operator kompetisi, tidak jadi eksekusi Liga 1 sesuai rencana karena persoalan utang. Mereka tidak mungkin memulai kompetisi 10 Maret karena belum mendapatkan dana untuk membayar utang kepada klub peserta Liga 1 musim 2017.
“Perintahnya (dari PSSI) kan jelas, kompetisi tidak bisa jalan sebelum utang dilunasi. Itu kami jalankan, karena itu tak jadi kick off, 10 Maret. Kami juga belum bisa katakan diundur kapan,” ungkap COO PT LIB, Tigorshalom Boboy, di Senayan, Jakarta Pusat.

Sebagaimana diketahui, PT LIB masih meninggalkan utang kepada 18 klub kontestan Liga 1 2017. Rata-rata, uang per klub masih nyantol di PT LIB Rp1,6 miliar. Dana itu merupakan bagian dari subsidi PT LIB kepada klub peserta Liga 1 yang di awal musim dijanjikan dipasok dana Rp7,5 miliar. Dana sebesar itu, oleh PT LIB dibayar dengan cara dicicil. Namun belakangan, cicilan mandek sehingga menimbulkan utang.

Mandeknya transferan dana ke klub karena PT LIB belum mendapatkan pencairan dana sponsor secara keseluruhan. Diakui Tigor, salah satunya masih ada dana Rp111 miliar yang nyantol dari televisi pemegang hak siar. PT LIB di awal musim mendapatkan pasokan dana dari sponsor sebesar Rp420 miliar. Rinciannya, dari Gojek Rp90 miliar, Traveloka Rp90 miliar, TV One Rp175 miliar, Orange TV Rp30 miliar, FWD Rp25 miliar, dan Indosat Rp10 miliar.

Untuk Liga 1, perubahan jadwal kick off ini adalah kali keempat. Rencana awal, Liga 1 digulirkan 24 Februari, kemudian diundur menjadi 3 Maret. Selanjutnya, PSSI mengajukan 10 Maret sebagai waktu kick off Liga 1. Lagi-lagi, rencana ini gagal karena LIB terbentur utang klub sehingga waktu kick off kabur lagi karena LIB belum punya dana untuk dibayarkan. “Kita tunggu RUPS PT LIB, 8 Maret nanti. Di sana akan dibahas soal pembayaran utang dan rencana kick off,” ucap Tigor.

Pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan, santai hadapi ketidakpastian kick off Liga 1 2018. Justru ketidakpastian kick off dari PT LIB ini akan dimanfaatkan untuk mematangkan formula yang diberikan kepada anak asuhnya. “Buat kita nggak masalah, terus kita pakai berbenah dan berharap jadwal pasti segera keluar,” terang coach RD, sapaan Rahmad Darmawan.

Tanggapan lain datang dari pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago. Baginya, perubahan waktu kick off mengganggu kinerjanya sebagai pelatih. Sejak awal, setelah di-sounding kick off Liga 1 adalah 10 Maret, dia sudah menyiapkan program agar pemain mencapai peak performa di waktu tersebut. Karena itu, dia tempa anak asuhnya dengan berbagai pertandingan uji coba, bahkan menggelar training center.

“Pelatih sudah menyiapkan program untuk hadapi kick off, 10 Maret. Kita berharap pemain capai penampilan terbaik saat masuk kompetisi. Jika berubah begini, ya kami harus mengubah program. Kami harus menurunkan intensitas latihan agar dapat peak lagi saat waktu kick off sudah dipastikan,” ucap Jacksen.

author
No Response

Leave a reply "Gara-gara Utang, Kick Off Liga 1 Diundur Sampai Batas Waktu Yang Belum Ditentukan"