Hajar Madura United 2-0, SFC Melaju ke Semifinal

Adam Alis (kanan), pemain Sriwijaya FC melakukan selebrasi setelah berhasil menjebol gawang Madura United FC saat turnamen Piala Gubernur Kalimantan Timur 2018 di Stadion Batakan, Balikpapan, kemarin (26/2). FOTO: Angger Bondan/Jawa Pos


Balikpapan, rakyatsumsel.com- Sriwijaya FC berhasil mengalahkan Madura United dengan skor 2-0 dalam pertandingan Piala Gubernur Kaltim, di Stadion Batakan, Balikpapan, Senin (26/2/2018). Sepasang gol Sriwijaya FC dalam laga ini dicetak oleh Manuchekhr Dzhalilov (60') dan Adam Alis (77'), semuanya berasal dari skema bola mati.
 
Tambahan tiga angka ini membuat Sriwijaya FC kokoh di puncak klasemen Grup B dengan mengantongi enam poin sekaligus merebut tiket ke semifinal. Sementara Madura United masih bertengger di posisi ketiga dengan satu angka.
 
Untuk laga ini, pelatih Gomes de Oliveira tak berpaling dari formasi 4-3-3. Hanya ada perubahan kecil di barisan bertahan dan lini depan. Sasa Kolunija dimainkan sejak menit pertama bersama Fachrudin Aryanto. Di lini depan, dua pemain lincah, Bayu Gatra dan Engelberd Sani, ditugaskan membantu Chehoudi Lamjed untuk mencetak angka.
Di kubu Sriwijaya FC, pelatih Rahmad Darmawan tetap pada pakem 4-3-3 dan langsung menurunkan pilar andalannya seperti Alberto Goncalves, Dzhalilov, serta Esteban Vizcara dari awal laga. Di lini tengah, trio Makan Konate, Syharian Abimanyu, dan Zulfiandi bertugas mengatur tempo laga serta menjaga keseimbangan tim.
 
Turun dengan kekuatan penuh, kedua tim langsung tancap gas. Permainan cepat dan terbuka sangat kental di awal babak pertama. Madura United yang mengandalkan kecepatan Bayu beberapa kali mampu merepotkan barisan bertahan 'Laskar Wong Kito'.
 
Akan tetapi, peluang-peluang yang diciptakan tak berkunjung berbuah angka. Begitu pula serangan yang dilancarkan skuat asuhan RD --sapaan akrab Rahmad-- selalu berujung dengan kegagalan. Konate, yang kembali bermain di posnya, juga tak dapat berbuat banyak.
 
Memasuki menit ke-40, Madura United kembali menguasai jalannya laga. Namun, lini pertahanan Sriwijaya FC yang dikomandoi Hamka Hamzah mampu mengantisipasi serangan-serangan 'Laskar Sape Kerrab' dengan sempurna. Alhasil, skor 0-0 hingga menutup babak pertama.
 
Usai rehat, Sriwijaya FC berinisiatif melakukan serangan. Sepakan keras dan umpan silang atas yang diperagakan tak kunjung mengubah kedudukan. Dua bek sayap Madura United, Beny Wahyudi dan Alfath Faathier, harus bekerja ekstra keras meredam kecepatan pemain sayap Sriwijaya FC.
 
Gol pertama dalam laga ini baru tercipta pada menit ke-60. Bermula dari skema bola mati di depan garis kotak penalti, Dzhalilov berhasil mengeksekusi bola dengan apik. Bola yang diarahkan ke tiang jauh meluncur kencang ke dalam gawang Angga Saputra. Skor 1-0 untuk keunggulan Sriwijaya FC.
 
Untuk merespons ketertinggalan, Gomes mulai memasukan pemain ofensif macam Cristian Gonzales dan Nurudin Davronov guna menambah daya gedor. Langkah Gomes terbilang tepat karena serangan-serangan tim yang diasuhnya lebih berbahaya. Namun, sampai water break babak kedua datang, Madura United tak dapat mencetak gol penyama kedudukkan.
 
Terlalu asyik menyerang, Madura United malah harus kembali kebobolan pada menit ke-77. Kali ini, giliran Adam Alis yang mencatatkan namanya di papan skor. Lewat skema yang sama seperti gol pertama, Adam berhasil menyarangkan bola ke sudut kiri bawah gawang Madura United. Skor 2-0 bertahan sampai pertandingan usai.
Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Hajar Madura United 2-0, SFC Melaju ke Semifinal"