banner 788x90

Lolos Liga 1, Persebaya Surabaya Bidik Pemain-Pemain Bintang

banner 728x120

Surabaya, rakyatsumsel.com- Setelah memastikan gelar juara Liga 2 2017, manajemen Persebaya Surabaya mulai menatap kompetisi musim depan, Liga 1 2018. Minimal, meski belum mengambil langkah konkret lantaran baru saja menyelesaikan kompetisi kasta kedua, saat ini manajemen klub berjulukan Green Force ini sudah memiliki gambaran bagaimana seharusnya tim yang mereka bangun nanti.

Manajer Persebaya, Chairul Basalamah, mengisyaratkan manajemen akan melakukan perubahan pada komposisi tim. Selain karena adanya regulasi penggunaan pemain asing dan marquee player, juga ada perubahan pada komposisi pemain lokal. Tujuannya tentu agar bisa bersaing dengan klub lain.

"Kami tentu tidak bisa hanya bermodalkan kekuatan materi Liga 2 untuk bermain di level kompetisi seketat Liga 1. Perubahan itu mutlak dibutuhkan karena kami tidak ingin jadi bulan-bulanan lawan, apalagi sampai kembali terdegradasi. Sudah cukup kami berjuang dengan susah payah di Liga 2 selama semusim, karena orbit kami yang sebenarnya ada di Liga 1," tutur Basalamah.

Perjuangan Persebaya untuk sampai ke Liga 1 musim 2018 memang tak sebatas bermain semusim di kompetisi kasta kedua. Karena sebetulnya, penantian mereka lebih panjang dari sekadar itu.

Maklum, hampir tiga musim mereka tak berkiprah di kancah sepak bola Indonesia karena tidak mendapat pengakuan dari PSSI sebagai anggota Federasi Sepak Bola Indonesia.

Selama itu pula, seluruh elemen Persebaya berjuang di luar lapangan hijau supaya tim kesayangan mereka mendapat pengakuan dari federasi. Sampai akhirnya di forum Kongres Pemilihan pada 2016, Persebaya kembali memperoleh haknya, kendati harus memulai dari Liga 2.

Namun, Basalamah belum bisa memastikan berapa persentase wajah lama yang dipertahankan dan berapa persen pemain baru yang akan mereka rekrut. Apalagi manajemen belum mendapatkan bahan evaluasi serta rekomendasi soal pemain yang layak dipertahankan dari pelatih kepala Angel Alfredo Vera.

"Kami akan meliburkan tim lebih dulu. Setelah itu berdasarkan rekomendasi pelatih, kami akan bergerak di bursa transfer pemain," imbuh manajer yang juga keponakan mendiang legenda Persebaya, Rusdy Bahalwan, itu.

Satu hal yang dipastikan Basalamah, Persebaya akan mendatangkan amunisi baru dengan kualifikasi pemain berkategori A atau kelas terbaik (bintang). Minimal, mereka bisa mendapatkan pemain kategori B atau kelas dua di beberapa posisi tertentu.

Terkait kemungkinan memulangkan sejumlah bintang jebolan Persebaya, Basalamah mengakui ada usaha tersebut, namun bukan prioritas. Pasalnya, mereka juga mempertimbangkan banyak aspek untuk memanggil eks para pemain Persebaya semacam Andik Vermansah dan beberapa pemain lain yang juga produk klub internal Persebaya.

"Saya belum tahu pasti akan memanggil bintang jebolan  Persebaya  dulu atau tidak sama sekali. Yang jelas, selama kualitas pemain itu terjaga, serta sesuai dengan standar yang kami tentukan, pasti kami akan berusaha untuk mengajaknya kembali bergabung, tentu dengan catatan plafon kontraknya tidak terlalu tinggi," ujar Basalamah. (*Bol)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Lolos Liga 1, Persebaya Surabaya Bidik Pemain-Pemain Bintang"