banner 788x90

Alex Noerdin Lantik 132 Pejabat Pemprov Sumsel

banner 728x120

Palembang, rakyatsumsel.com- Sebanyak 132 pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel dilantik oleh Gubernur Sumsel H Alex Noerdin di ruang rapat Bina Praja, kemarin (2/3). Mereka terdiri dari 16 pejabat eselon II, 33 pejabat eselon III, 83 pejabat eselon IV, serta satu orang pejabat fungsional utama. Mayoritas pejabat eselon II yang dilantik sebelumnya telah menjabat Pelaksana Tugas (Plt) dan secara definitif telah dikukuhkan.

Seperti jabatan Asisten III yang selama ini dijabat Plt Edward. Lalu, jabatan Plt Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) Basyarudin. Kemudian Plt Kepala Dinas Perhubungan yang dijabat Nelson Firdaus, Plt Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Neng Muhaiba secara definitif menjadi Kepala Badan. Selanjutnya Plt Kepala Biro Humas dan Protokol Teddy Meilwansyah, Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang dijabat Iriansyah juga dikukuhkan.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, mengatakan, pejabat yang dilantik dapat menjaga etika sebagai pejabat negara. Ia berpesan kepada pejabat untuk tidak berkomentar sembarangan terhadap individu ataupun lembaga. “Menjelek-jelekkan seseorang di media sosial sangat tidak etis dilakukan pejabat. Kami harap ke depan tidak ada yang melakukannya,” ujar Alex saat dibincangi wartawan.
Selain itu, Alex juga minta agar pejabat yang dilantik dapat menjaga hubungan dengan pemerintah pusat, dalam hal ini kementerian terkait di bidangnya masing-masing. Sebab, untuk membangun dan memajukan Sumsel, butuh sentuhan pendanaan dari pusat.

“Pemerintah pusat jangan dilawan. Jaga hubungan baik. Kita masih butuh bantuan pusat. Seperti sektor pertanian yang selalu menggelontorkan dana triliunan rupiah setiap tahunnya. Ini harus dijaga,” urainya.
Alex menuturkan, prosesi pengukuhan pejabat telah melalui proses yang legal dan dinilai mampu mengemban amanah sebagai pejabat. “Semuanya sudah melalui rangkaian proses lelang jabatan. Artinya, jabatan ini diraih atas keringat dan usahanya sendiri. Bukan berdasarkan hubungan personal dengan Gubernur ataupun praktik KKN. Kami harap kinerjanya ke depan bisa ditunjukkan,” tuturnya.
Bagi pejabat-pejabat yang belum lulus dalam lelang jabatan, Alex mendorong untuk terus berusaha meningkatkan kemampuannya. “Pejabat yang tidak lulus kami harap jangan berkecil hati. Berusaha terus agar kemampuannya meningkat,” terangnya.

Gubernur Sumsel dua periode ini juga menegaskan, pihaknya tidak segan untuk mengganti pejabat yang dinilai tidak pantas ataupun minim kinerja. Meski dalam aturan 6 bulan jelang Pilkada kepala daerah tidak boleh melakukan pelantikan, tapi dengan izin dari Kemendagri hal itu tidak mustahil untuk dilakukan. “Kinerjanya akan terus kami evaluasi. Kalau tidak baik, saya tidak segan untuk mengusulkan agar diganti,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sumsel Nelson Firdaus menuturkan, pascapelantikan pihaknya bakal melanjutkan program kerja yang sudah ada. Banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Di antaranya penerapan PM No 108/2017 yang saat ini masih dalam proses sosialisasi. “Tugas-tugas yang belum selesai jadi tanggung jawab kami. Dalam waktu dekat kita bakal menghadapi Asian Games. Ini juga jadi perhatian kami untuk menyediakan moda transportasi massal yang baik agar perhelatan tersebut bisa sukses,” ungkapnya.

Senada, Kepala Bapenda Provinsi Sumsel, Neng Muhaiba, menuturkan, instansinya memiliki posisi yang strategis dalam menunjang pembangunan di Sumsel dengan memaksimalkan potensi pendapatan daerah. “Kami akan memaksimalkan potensi yang ada serta mencari peluang-peluang lain untuk menambah pendapatan daerah,” pungkasnya. (SE)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Alex Noerdin Lantik 132 Pejabat Pemprov Sumsel"