banner 788x90

Jembatan Endikat Diperbaiki, Lahat ke Pagar Alam Harus Lewat Gumay Ulu

banner 728x120

Jembatan Endikat akan diperbaiki berbarengan dengan pelebaran jalan, di wilayah tebing Lematang Indah, Kota Pagaralam. Ir Rusman, Kepala Satker Pelaksana Jalan Nasional Sumsel mengatakan, perbaikan lantai jembatan Endikat panjang 50 meter lebar 7 meter, akan menggunakan bracet saddle/beton pra cetak. Disamping itu akan dipasang penguatan dari kabel tendon external prestres, sehingga pengerjaannya tidak butuh waktu lama.

“Tidakakan menambah beban jembatan. Jika selama ini tonasenya 15 ton, nanti bisa 50 ton. Pengerjaannya menggelontorkan APBN Rp6 miliar. Diperkirakansebelum Hari Raya Idulfitri sudah selesai,” kata Ruslan, Rabu (21/3).

Ditambahkannya, jalan di Simpang Air Dingin, di wilayah Tebing Lematang Indah, selebar 6 meter, akan dilebarkan menjadi 11 meter. Jalan yang dilebarkan, teknisnya akan menggantung di atas jurang.

“Membutuhkan dana Rp 19 miliar. Ini teknik pertama di Sumsel. Teknik ini sudah diterapkan di Aceh. Selama pengerjaan, jalan terpaksa ditutup. Dijadwalkan mulai 1 April hingga 9 Juni nanti,” terangnya.

Sementara ditutupnya jalan, menimbulkan banyak pertanyaan. Pasalnya, arus lalu lintas akan dialihkan ke jalan provinsi, Muara Siban-Gumay Ulu-Simpang Bacang. Dengan kondisi jalan yang sempit, penuh tikungan dan banyak jurang, sangat tidak mungkin dilalui truk distribusi bahan pokok.

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Jembatan Endikat Diperbaiki, Lahat ke Pagar Alam Harus Lewat Gumay Ulu"