MUBA Bisa Jadi Teladan Penggunaan Teknologi Energi Rendah Emisi

London, rakyatsumsel.com – Richard Graham perwakilan, Mark Field MP Minister of State for the Foreign and Commenwealth Office menilai Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dapat menjadi teladan di Indonesia untuk menerapkan pembangunan rendah karbon dengan menggunakan energi baru dan terbarukan.

Bahkan Bupati Musibanyuasin Dodi Reza Alex juga dinilai mampu mengimplementasikan teknologi energi rendah emisi ini tidak hanya di Muba saja, tetapi juga di seluruh kabupaten yang ada di Provinsi Sumsel dan beberapa kota di Indonesia.

Pemerintah Inggris sangat mendukung setiap inisiatif dari pihak manapun yang ingin berpartisipasi dalam membatasi pemanasan global dan menyampaikan penghargaan atas kepioniran Dodi Reza untuk memulai upaya tersebut dari Muba.

“Ini adalah suatu prestasi bagi Dodi Reza Alex yang telah menjalin kerjasama pembangunan Pembangkit Tenaga Listrik Terapung yang Rendah Emisi Kapasitas 10 MW di Kecamatan Lalan Muba,”ungkapnya,  di London.

Richard juga mengungkap bahwa di Muba, Pemerintah Inggris melalui UK Climate Change Unit (UKCCU) juga pembangunan untuk restorasi hutan di Dangku melaui Proyek Kelola Sendang-ZSL, yang telah mendapat persetujuan untuk dikembangkan sampai Tahun 2020.

Dr. Ben Todd expert hydrogen technology dan Managing Director Ecubes Arcola menambahkan pembangkit tenaga listrik yang dikembangkan di Lalan dengan bahan baku bersumber dari air dan gas yang nol emisi untuk menggantikan pemakaian energi yang bersumber dari bahan baku fosil seperti batu baru dan diesel.

Pembangkit ini dengan sistem terapung yang dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain yang mempunyai akses sungai untuk mengatasi kebutuhan listrik di daerah terpencil. Teknologi ini juga tidak hanya menghasilkan energi listrik akan tetapi sekaligus dapat dilengkapi untuk menghasilkan air bersih. (rel)

author
No Response

Leave a reply "MUBA Bisa Jadi Teladan Penggunaan Teknologi Energi Rendah Emisi"