Ribuan e-KTP Sumsel Tercecer di Bogor, Ini Kata Tim Ishak-Yudha

Tim pemenangan Pasangan Calon Gubernur Sumsel nomor urut 3, Ishak Mekki – Yudha Pratomo Mahyudin menilai, adanya temuan ribuan KTP elektronik (e- KTP) di Jalan Simpang Salabenda, Kecamatan Kemang, Bogor beberapa waktu lalu, bisa menimbulkan berbagai polemik dan asumsi.

Seperti, salah satu e – KTP yang tercecer dan diinvestigasi oleh media adalah milik Retno Herianto, yang beralamat di Desa Cinta Kasih, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Muara Enim. Ayah Retno, Herman dan Kepala Desa, Samson menyatakan Retno tidak pernah mengajukan perubahan atau penggantian e – KTP.

Menyikapi itu, Juru Bicara (Jubir) Paslon Ishak – Yudha, Firdaus Hasbullah SH menyatakan, dengan adanya temuan ribuan e-KTP tersebut, maka pihak yang berwenang diharap segera melakukan kondusifitas atas permasalahan tersebut. Seperti penyelenggara pilkada dan pihak keamanan agar dapat memberikan sikap resminya kepada publik atau masyarakat Sumsel.

“Pihak KPU misalnya, melakukan pengecekan kembali terhadap daftar pemilih tetap atau DPT yang ada di Sumsel. Bawaslu juga melakukan pengawalan terhadap hak pemilih yang berpotensi hilang karena alasan teknis, serta Disdukcapil yang membuktikan melalui data, berapa e -KTP yang telah dicetak, yang belum dicetak dan yang rusak atau masyarakat yang memang belum mendaftar,” ujarnya, Kamis (31/05).

Firdaus menyesalkan terjadinya kasus ini dan kasus ini dikhawatirkan akan berdampak terhadap kualitas praktik demokrasi di Pilgub Sumsel 27 Juni nanti. “Tercecernya e – KTP dan hasil investigasi dari media ini akan membuat banyak pihak berprasangka. Apakah ini akan memberi peluang untuk modus pemilih ganda yang akan menguntungkan satu pasang calon atau tidak?,” keluhnya.

Kemudian, Firdaus juga meminta kepada pihak kepolisian untuk menjamin pelaksanaan Pilgub Sumsel di hari pelaksanaan nanti. Agar tidak ada satu pun kasus kecurangan yang terjadi di tempat pemungutan suara (TPS).

Kepada pendukung atau relawan dan para saksi Ishak – Yudha di TPS, pesan Firdaus, untuk selalu awas dan mencegah segala bentuk kemungkinan kecurangan. Dan jika menemukan pelanggaran, kata Firdaus, langsung saja dilaporkan kepada pihak yang berwenang.

“Kepada semua pendukung Ishak – Yudha agar tetap menjunjung tinggi etika dan hukum pada Pilgub 27 Juni nanti. Yakinlah Ishak – Yudha akan menang karena masyarakat mendukung programnya dan menilai kepemimpinanya yang berpengalaman serta amanah,” tandasnya. (rilis)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Ribuan e-KTP Sumsel Tercecer di Bogor, Ini Kata Tim Ishak-Yudha"