banner 788x90

Index Politika: Sarimuda-Rozak & Mularis-Syaidina Ali Bersaing Ketat, Harno-Fitri Terjun Bebas

banner 728x120

PALEMBANG – Penetrasi politik pasangan calon (paslon) Pilkada Kota Palembang terus mengalami pergerakkan dinamis di sosial media yang banyak dihuni oleh karakteristik pemilih millenial.

Di bulan Februari petahana Harnojoyo – Fitrianti Agustinda merajai share of voice Sosial media (banyaknya pembicaraan) disusul Sarimuda, MUSI dan Akhor.

Lain halnya di bulan Maret 2018 justru persaingan terlihat antara Paslon Sarimuda – Rozak dan Mularis Djahri – Syaidina Ali (MUSI). Sementara pasangan Harno – Fitri turun di posisi empat.

Berdasarkan monitoring Index Politika yang konsen meneropong pergerakan sosial media mulai dari sentimen positif hingga banyaknya pembicaraan terlihat pasangan Sarimuda – Rozak dan MUSI bersaing ketat pada share of Voice.

Hingga pertengahan Maret 2018, SADAR berada di 42,16 sedang MUSI 41,18 persen. Penurunan drastris pada pasangan Harno – Fitri 6,86 persen sedikit dibawah akbar – Hernoe 9,8 persen.

Dari analisa, penurunan drastis penetrasi politik Harno – Fitri di Sosmed di bulan Maret 2018 karena tidak lagi menjabat Walikota – Wakil Walikota Palembang.

“Selama ini akun – akun sosmed pendukung petahana berasal dari unsur ASN, pasca cuti akun-akun ASN tiarap karena mendapat pengawasan ketat,”ungkap Denny Charter Direktur Eksekutif Index Politika.

Persaingan juga terjadi pada sintemen analytic sosmed pasangan SADAR dan MUSI bersaing pada sentimen positif dari publik sosial media, disusul AKHOR dan Harno – Fitri.

“Hal ini menunjukan ada perubahan persaingan dinamika politik pada segmen sosial media yang banyak dihuni pemilih milenial ini. Semakin baik penetrasi makin baik komunikasi di segmen ini, “katanya.

Karakteristik pemilih ini juga bersikap kritis dan bisa mempengaruhi pemilih segmen lain melalui efek informasi.

Dalam berbagai momen politik di Pilkada 2013, gambaran Sosial Media berbanding lurus dengan hasil pilkada versi KPU.

“Kemungkinan perubahan masih bisa saja terjadi dan kemungkinan yang akan terjadi persaingan ketat antar paslon,”ungkapnya. (rel)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Index Politika: Sarimuda-Rozak & Mularis-Syaidina Ali Bersaing Ketat, Harno-Fitri Terjun Bebas"