Ishak Mekki Minta ASN Menahan Diri dalam Pilkada

Dugaan adanya ketidaknetralan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada salah satu kedinasan di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dalam pelaksanaan Pilkada di Sumsel 2018 ini, serta adanya laporan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) atas pelanggaran UU ASN oleh 12 orang ASN, disayangkan oleh calon gubernur (cagub) Sumsel Nomor Urut 3, H Ishak Mekki.

Ishak yang diminta komentarnya, sangat menyayangkan peristiwa tersebut. Padahal, menurutnya, di setiap kesempatan dia telah berkali-kali mengingatkan agar ASN bersikap netral dalam perhelatan Pilkada serentak ini.

“Sekali saya minta kepada ASN untuk menahan diri daam Pilkada ini. Jangan dulu menyatakan sikap baik secara verbal maupun non verbal terkait Pilkada,” ujar Ishak, Jumat (18/5).

Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel non aktif tersebut mengingatkan, ASN yang tidak netral atau melanggar akan mendapat sanksi. Mulai dari penundaan kenaikan pangkat, penurunan gaji, penurunan pangkat, pencopotan dari struktur hingga pemberhentian dengan tidak hormat.

“Sanksi tersebut tidak main-main. Dan jika terjadi pada ASN yang melanggar, itu sangat merugikan,” tegasnya.

Meski begitu, Ishak memahami jika ada ASN yang melakukan otokritik atau kritik terhadap pemimpinnya. Ruang ini menurut mantan Bupati OKI dua periode ini harus tetap dibuka untuk kemajuan pemerintah daerah dan memperbaiki pelayanan kepada warga Sumsel.

“Silakan lakukan otokritik atau kritik, tetap sesuaikan dengan prosedur yang ada dan taati aturanya,” kata Cagub Nomor Urut 3 yang berpasangan dengan Cawagub Yudha Mahyuddin ini serius.

Tak hanya saat Pilkada serentak 2018, menjelang Pemilu serentak 2019 nanti, Ishak Mekki mengingatkan agar ASN tetap menjaga netralitas dan independensinya. Bila ASN kehilangan itu, ia mengkhawatirkan akan berdampak pada roda pembangunan Sumsel yang banyak tarik menarik kepentingan.

“ASN yang profesional akan membuat pembangunan Sumsel berpihak dan menguntungkan bagi banyak warganya,” pungkas Ishak.

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Ishak Mekki Minta ASN Menahan Diri dalam Pilkada"