Mularis Djahri-Syaidina Ali Siap Benahi Tata Kelola Pemerintahan Kota Palembang

Palembang, rakyatsumsel.com- Menurut penilaian dari Kemendagri terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah tahun 2016, Kota Palembang masih menduduki peringkat 57 dibawah kota Prabumulih (peringkat 54). Untuk itu perlu dibenahi tata kelola pemerintahan menjadi lebih baik.

"Palembang selayaknya sudah mampu sejajar dengan Kota Makassar (peringkat 1) atau setidaknya dengan Samarinda (peringkat 3). Konsep Pemerintah Cerdas MUSI akan mampu meningkatkan kinerja Pemerintahan Kota Palembang menjadi jauh lebih baik dari saat ini," ujar pasangan Mularis Djahri-Syaidina Ali.

Untuk membenahi tata kelola pemerintahan kota Palembang, pasangan MUSI setidaknya sudah menyiapkan 7 konsep, yaitu pertama Membangun Good Governance, yakni paradigma yang mengindahkan prinsip supremasi hukum, keadilan, demokrasi, transparansi, profesionalitas, akuntabilitas, untuk membentukpemerintahan yang bersih, bertanggung jawab dan berdaya saing.

Yang kedua mengembangkan sistem pemerintahan terbuka, dengan program e budgeting, sistem layanan satu pintu e Tax, e warga sehingga transparansi dan kinerja pemerintah dapat diukur dengan jelas.

Lalu ketiga meningkatkan intensif bagi RT dan RW minimal 1 juta perbulan, sekaligus meningkatkan peran RT dalam sistem pemerintahan terutama dalam pelaporan dan pendataan.

Keempat, program e Warga, setiap RT diminta wajib memonitor dan melaporkan kondisi lingkungannya. Kelima Restrukturisasi birokrasi pemerintahan agar efektif, efesien, profesional dan fokus kepada pemahaman dan pemenuhan kebutuhan publik.

Lalu keenam, meningkatkan kualitas manajemen data pemerintahan dengan BIG DATA sehingga terintegrasi, detail, lengkap, dan akurat sehingga dapat digunakan dalam perencanaan pembangunan.

Dan yang ketujuh, mengembangkan pembangunan berbasis ruang mulai dari perencanaan sampai evaluasi sehingga pembangunan tidak sektoral tapi terintegrasi, tersambung dan tuntas, (rel)

author
No Response

Leave a reply "Mularis Djahri-Syaidina Ali Siap Benahi Tata Kelola Pemerintahan Kota Palembang"