Ribuan Peserta Ramaikan Fun Bike 100 km Sukses Pilkada

SUMSEL – Sosialisasikan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018, KPU Sumsel menggelar Fun Bike 100 km gratis. Kegiatan berlangsung serentak di empat kota, yakni Palembang, Lubuklinggau, Baturaja, dan Pagaralam, ini disambut antusias masyarakat. Ribuan peserta ambil bagian dalam event tersebut.

Di Palembang, lebih dari 500 pesepeda dari berbagai komunitas ikut meramaikan Fun Bike 100 km Sukses Pilkada. Start dan finish di halaman kantor KPU Sumsel. Peserta menempuh jarak 19 km dengan rute halaman Kantor KPU Sumsel, Jl Pangeran Ratu, Jl Gubernur H Bastari, Jl Jend A Yani, Jl DI Panjaitan, Jl Kapten Abdulah, Tegal Binangun, Jl Seniman Amri Yahya, kembali lagi di halaman Kantor KPU Sumsel.
Ketua KPU Sumsel, Aspahani, berterima kasih kepada peserta yang sudah berpartisipasi dalam acara. “Tanpa partisipasi Kalian semua, acara ini tidak akan berjalan sukses,” ujarnya sebelum melepas rombongan fun bike.

Menurutnya, dilaksanakannya Fun Bike 100 km serentak di empat kota tersebut merupakan bentuk dukungan untuk menyukseskan pilkada serentak gubernur dan wakil gubernur di sembilan kabupaten/kota. “Kita sosialisasikan kepada masyarakat Sumsel, kita siap pemilu. Meningkatkan angka partisipasi masyarakat dalam pemilu mendatang, mari kita gunakan hak pilih,” imbaunya.

Di tempat yang sama, Suyoto Wiknyo, ketua Palembang Onthel Comunity (POC), sangat mengapresiasi kegiatan dalam rangka menyemarakkan pilkada serentak 2018. “Kita dukung, sekaligus membantu sosialisasi pilkada Juni mendatang,” katanya.

Sementara itu, di Kota Baturaja, kegiatan fun bike menggandeng komunitas sepeda Radja Goes. Kegiatan yang dilepas Bupati OKU, Drs H Kuryana Azis, ini diikuti tidak hanya goweser sekitar OKU, tapi juga luar kota, seperti OKU Selatan, juga peserta dari provinsi tetangga, Lampung.
Rute gowes dari rumah kabupaten, stasiun, Jembatan Ogan 1, lintas, GOR, Islamic Centre, Citimall, Suska, hingga Disbudpar. Menurut Kuryana, kegiatan ini bertujuan memberi pemahaman, pengetahuan dalam memilih, 27 Juni 2018 mendatang.

“Kita harap, masyarakat peduli pilkada makin meningkat. Jadi, tahu apa hak mereka, aktif dalam pilkada, tahu visi misi, dan profil masing-masing pasangan calon. Menurutnya, pemilih harus cerdas. Artinya, tidak mudah terprovokasi. “Baik oleh oknum yang memberikan uang, berita bohong maupun karena ada politisasi SARA yang bisa hambat kecerdasan mereka dalam memilih,” tukasnya.
Ketua KPU OKU, Naning Wijaya, berharap dengan sosialisasi, tingkat partisipasi pada pilkada Sumsel lebih baik dari periode sebelumnya. Pasalnya, dengan tingkat partisipasi tinggi, hasil pilkada bisa lebih berdemokrasi.

Pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi, baik ke masjid, penyandang disabilitas, maupun masyarakat. Sejauh ini, kata dia, sudah berjalan. Tinggal masyarakat punya kesadaran memilih.  (sumeks)

author
No Response

Leave a reply "Ribuan Peserta Ramaikan Fun Bike 100 km Sukses Pilkada"