Survey LKPI: Sarimuda-Rozak Unggul Telak

No comment 103 views

Palembang, rakyatsumsel.com- Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI) merilis survey Pilkada Palembang 2018. Dari hasil survey yang dilakukan 25-31 Mei 2018, pasangan Sarimuda-Rozak unggul telak dengan elektabilitas mencapai 38 persen.

Posisi dua, ditempati Harnojoyo-Finda dengan elektabilitas 29 persen, diikuti pasangan Mularis-Syaidna Ali dengan elektabilitas 8 persen dan Akbar-Hernoe 3 persen.

"Massa mengambang berdasarkan temuan survey kami sebanyak 22 persen, tapi militansi pemilih sudah mantap untuk tidak merubah pilihan," kata Direktur Eksekutif, Arianto saat merilis temuan survey Pilkada Palembang di Grand Zuri Hotel Palembang, Minggu (3/6/2018).

Dijelaskan, survey yang menggunakan metode Multy Stage Random Sampling dengan 820 responden dan tingkat kepercayaan 95 persen

"Tingkat militansi pemilih sudah sangat tinggi sehingga sangat sulit berubah mengingat waktu semakin dekat. Dan partisipasi pemilih kami prediksi 80 persen partisipasi pemilih," katanya. 

Masih menurut Arianto, untuk perubahan pemilih dari swing voters masih mungkin terjadi tapi merata kepasangan calon meskipun tidak akan merubah secara signifikan posisi calon. "Untuk perubahan pemilih bisa saja asalkan benar-benar ada gerakan sporadis karena money politik pun tidak bisa mempengaruhi signifikan diangka 49 kewajaran," sambungnya. 

Ditambahkan Arianto, diantara gerakan yang bisa membuat perubahan suara pemioih nantinya adalah debat publik, dimana 52 persen masyarakat menunggu untuk menentukan sikap pilihan. "Atau bisa saja dapat berubah jika ada tsunami politik, tapi ini diluar prediksi lembaga survey," tukasnya.

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Survey LKPI: Sarimuda-Rozak Unggul Telak"