banner 788x90

Survey LSPP: Herman Deru Tertinggi, Ishak Mekki Posisi Dua

banner 728x120

Survei Lembaga Studi Pemilu dan Politik (LSPP) tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumatera Selatan (Sumsel) seolah hampir menunjukkan hasil yang pasti. Pasalnya, dikatakan jumlah pemilih yang belum memutuskan pilihannya hanya tinggal 6,82 persen.

Peneliti LSPP, Sendy Vicky Sutikno menyebutkan, berdasarkan presentase pada survei yang dilakukan Februari 2018 tersebut, maka Pilkada Sumsel hanya tinggal eksekusi, alias tinggal menunggu hasilnya di hari pemungutan suara.

"Pemilih yang bisa diperebutkan hanya tinggal sedikit, bisa saja mereka justru tidak berpartisipasi dalam pilkada," kata Vicky dalam keterangan tertulis, Jumat (23/2).

Dengan kondisi pemilih yang demikian, lanjut Vicky, pasangan Herman Deru-Mawardi Yahya disebut-sebut memiliki peluang paling besar. Selain karena Herman Deru memiliki pendukung yang solid sejak kontestasi Pilkada lima tahun kebelakang, hadirnya tiga paslon pada Pilkada Sulsel kali ini turut menyumbang peluang tersebut lantaran suara akan terpecah menjadi tiga.

Selain itu, Vicky menemukan, dibalik gambaran bahwa pendukung Herman Deru yang telah solid, pertarungan sengit justru tergambar pada dua paslon lain, yakni Dodi Reza Alex-Giri Ramanda Kiemas dan Ishak Mekki-Yudha. Dimana survei pada Februari tersebut menunjukkan Ishak Mekki unggul tipis , yakni 0,57 persen dari segi elektabilitas.

“Ini menunjukan isu politik dinasti yang menggema di Sumsel dimakan publik. Termasuk isu gila jabatan karena Dodi baru menjabat 9 bulan sudah mau jabatan baru. Disaat yang sama Mekki berhasil menyemangati publik dengan gagasan Sumsel akan Lebih Baik dan menawarkan program perbaikan yang realiatis. Ini yang membuat elektabilitasnya naik,” paparnya.

“Jadi, ke depan, persaingan akan terjadi antara Mekki melawan Dodi. Siapa dari keduanya yang berhasil membangun jaringan pemenangan sampai TPS dan bisa saja akan bersaing nantinya melawan Herman Deru. Sementara ini elektabilitas Deru masih yang tertinggi,” pungkas Vicky. (rel)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Survey LSPP: Herman Deru Tertinggi, Ishak Mekki Posisi Dua"