Survey Saiful Mujani: Elektabilitas Harno-Finda Tembus 43,5 Persen

Palembang, rakyatsumsel.com: Pasangan Harnojoyo-Fitrianti Agustinda masih unggul sekitar 9,8 % menurut survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) keunggulkan ini karena tingkat kepuasan masyarakat terhadap pasangan ini mencapai 80% tahun 2018 dari 79 % pada tahun 2017. Selain itu, pasangan ini mendapat apresiasi yang lebih di mata masyarakat, bukan semata karena kerja nyata, tetapi juga pribadi mereka yang amanah, santun dan peduli.  Untuk itu, wajar  pada 27 Juni 2018 nanti pasangan ini diprediksi akan memenangkan petarungan kontestasi Pilkada Palembang 2018 ini mencapai 71%.

Kemenangan ini terungkap dari hasil  survei Saiful Mujani bahwa posisi elektabiltas pasangan calon Walikota Palembang Harnojoyo-Fitrianti Agustinda mencapai 43 %  disusul Sarimuda-Abdul Rozak 33,7 %, Mularis Djahri 4,0 %, dan Akbar Alfaro-Heornoe 2,3 %, sedangkan tidak menjawab sekitar 16,5 %.

Berdasarkan tingkat kepuasan dan kedekatan dengan masyarakat dapat diprediksi pasangan Harno-Fitri akan memenangkan Pilkada Kota Palembang ini akan terus meningkat bahkan mencapai 71%. Faktor simpati masyarakat yang semakin tinggi inilah banyak responden menyatakan perubahan dukungan dari para pasangan calon lain, baik itu dukungan dari pasangan Mularis, Alfaro, dan juga Sarimuda untuk mendukung pasangan Harno-Fitri.

Hasil survei ini menjelaskan tingkat dukungan fanatik terhadap Harno-Fitri sangat tinggi mencapai 68%. Dukungan ini diprediksi semakin menguat, bahkan ditanya soal perpindahan dukungan, hampir jawaban responden tetap pada mendukung Harnojoyo-Fitrianti Agustinda. Artinya, potensi fanatik terhadap dukungan Harno-Fitri akan terus meningkat, karena sekitar 28 % masih akan melakukan perubahan dukungkan yang ditanyakan, maka jawaban responden perubahan dukungan dari pasangan lain akan menjatuhkan pilihan kepada pasangan Harno-Fitri. 

Alasanya, merubah dukungan dan menjatuhkan pilihan kepada Harno-Fitri berdasarkan survei, masyarakat sudah merasakan program yang dilakukan oleh Harrno-Fitri sehingga perlu untuk dilanjutkan. Kemudian, program keagamaan secara massif juga sudah dilakukan oleh pasangan ini, sehingga tingkat kepuasan inilah yang selalu diinginkan oleh masyarakat. 

Alasan lainnya, banyak responden yang menyatakan dukungan penuh terhadap program gotong royong (83 %), subuh berjemaah (83%), dan Palembang Emas (67 %). Jadi,sangat wajar dari survei ini yang menginginkan Harnojoyo untuk menjadi Walikota Palembang sebesar 55 %. Yang tidak mengingkan hanya 22 % dan 24 % masih belum menentukan pilihan.(rilis)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Survey Saiful Mujani: Elektabilitas Harno-Finda Tembus 43,5 Persen"