Ayah Korban Pungli Akan Laporkan Beny Edward, Pengunggah Vidio Pungli ke Polisi

Kasus video pungli oknum polisi di Palembang, yang diunggah benni eduward hingga menjadi viral, masih berlanjut. Kali ini, ayah Raudi (19) si korban pungli ikut terlibat. dirinya hendak melaporkan Benny Edward, si pengunggah video, karena dianggap membawa-bawa Raudi.

Kasat Lantas Polresta Palembang Kompol Andi Baso Rahman membenarkan pernyataan tersebut. "Ya benar orang tua (Bapak Raudi-red) akan melaporkan Benny ke pihak kepolisian. Dikarenakan korban sudah diatur oleh Benny, hal ini membuat Raudi jadi bermasalah panjang," ungkap Andi, seperti cerita orangtua Raudi yang hadir saat anaknya mengikuti sidang, kemarin.

Dari hasil sidang, Waka Polresta Palembang AKBP Rahmad Prasetyo menyatakan dua oknum polisi dalam video Benni terbukti melakukan pungli. Keduanya pun dijatuhi hukuman penempatan khusus 

Prasetyo juga menyatakan, setelah dilakukan pemeriksaan, pengunggah video dan pelanggar diduga melakukan rekayasa. Menurutnya, alasan "orangtua sakit" digunakan seolah-olah untuk menurunkan citra polisi agar terkesan tak punya hati. "Ini sepertinya sengaja dilalukan untuk menurunkan citra polisi di masyarakat," tegas Prasetyo.

Raudi sendiri telah mengakui kebohongannya soal alasan "ibu sakit". "Jujur, saya terpaksa mengaku kalau ibu saya sakit karena berharap keprihatinan anggota Sat Lantas dan bisa lolos dari penilangan. Itu juga saya lakukan agar bisa kuliah karena saat kejadian sedang buru-buru ke kampus," ungkap pengendara motor yang tak memiliki SIM dan tak menyalakan lampu kendaraan itu.

Benny juga mengaku telah memantau Pos Makam Pahlawan dari halte di seberang lokasi sebelum mengambil video itu.

Lalu Benni langsung mewawancarai pelanggar yang keluar dari pos untuk mencari tahu apa yang terjadi di dalam pos. "Nah dari hasil perbincangan, saya lihat ada yang mencurigakan. Setelah itu, saya masuk kedalam pos sambil merekam keadaan pelanggaran dugaan Pungli yang dilakukan oknum petugas di pos itu," kata Benni.

Hal ini nekat ia lakukan karena pengalamannya yang sama pada 2015. "Saya di tahun 2015 kemarin, pernah mengalami seperti apa yang dialami Raudi ini. Ini sengaja saya lakukan atas kemauan sendiri, bukan ada unsur unsur lain," katanya.

"Ini sengaja saya lakukan, atas kemauan pribadi bukan ada perintah atau lainnya. Ini bentuk kekecewaan saya kepada kinerja petugas khususnya petugas Sat Lantas dalam menjalankan tugas yang saya nilai kerap melakukan pungli," beber Benni terlihat cemas. (tribunnews)

author
No Response

Leave a reply "Ayah Korban Pungli Akan Laporkan Beny Edward, Pengunggah Vidio Pungli ke Polisi"