Hari Lahir Pancasila, Mularis Djahri: Pancasila Perekat Bangsa dan Pemersatu Negara

Palembang, rakyatsumsel.com- Tanggal 1 Juni  diperingati sebagai hari lahir Pancasila, dasar negara yang menjadi pemersatu dari Sabang sampai Merauke. 1 Juni ditetapkan sebagai hari lahir Pancasila. Karena pada tanggal tersebut kata Pancasila pertama kali diucapkan oleh Bung Karno di sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), yang saat itu belum diangkat menjadi Presiden.

Pada 73 tahun lalu, tepatnya 1 Juni 1945, di dalam salah satu ruangan gedung yang kini dikenal sebagai Gedung Pancasila, Sukarno berpidato menawarkan gagasan mengenai dasar negara Indonesia merdeka.  Di hadapan sekitar 65 anggota sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK) Indonesia saat itu, untuk kali pertama Sukarno menawarkan istilah Pancasila sebagai dasar negara.

Calon Walikota Palembang Mularis Djahri, mengatakan Pancasila merupakan hasil mufakat para pendiri bangsa dan leluhur yang dengan susah payah berjuang memerdekakan negara bangsa ini. "Tak tak ada keraguan, Pancasila adalah perekat bangsa dan pemersatu negara. Itu hasil mufakat dan kesepakatan bersama yang harus kita jalankan dan kita jaga bersama," ujar Mularis

Mularis juga  mengapresiasi langkah Presiden Jokowi dalam mengembalikan kesadaran publik bahwa kita adalah satu, kita berbeda tapi satu, merupakan langkah politik yang cerdas, lugas dan tangkas.

"Tak bisa kita main-main dengan dasar negara, tak ada ruang untuk mengganti ideologi negara dengan ideologi transnasional seperti khilafah, komunisme dan sejenisnya. Selamat Hari Lahirnya Pancasila," ujar Mularis.

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Hari Lahir Pancasila, Mularis Djahri: Pancasila Perekat Bangsa dan Pemersatu Negara"