Hari Palang Merah Internasional, Mularis Djahri: Mari Berbagi, Ayo Donor Darah untuk Kemanusiaan

Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, atau biasa disingkat Palang Merah, merupakan kumpulan dari organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan. Gerakan Palang Merah terbagi menjadi Komite Internasional Palang Merah, sebagai institusi privat kemanusiaan.

Federasi Internasional Komunitas Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, yang mengatur aktivitas anggota pergerakan palang merah dan bulan sabit merah di 188 negara yang tergabung; dan Komunitas Nasional Palang Merah dan Bulan Sabit, yang hadir di setiap negara di dunia.

Setiap tahunnya sejak tahun 1948, 8 Mei diperingati sebagai Hari Palang Merah Sedunia untuk menghargai jasa penemu Gerakan Palang Merah Dunia, Henry Dunant , yang juga lahir di tanggal yang sama.

Peringatan Hari Palang Merah Sedunia bertujuan untuk menginspirasi, memfasilitasi, dan juga mempromosikan seluruh aktivitas kemanusiaan yang dilakukan oleh Komite Internasional Palang Merah dan anggota Komunitas Nasional yang ikut tergabung. Selain itu, peringatan tersebut juga digunakan sebagai kesempatan untuk menghargai jasa para relawan dan staf yang berjuang menyelamatkan nyawa orang banyak.     

Pada peringatan Hari Palang Merah sedunia, 8 Mei 2018, Calon Walikota Palembang, Mularis Djahri  mengajak kita mempertebal nilai kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan serta kemandirian.

"Empat  dari Tujuh  Prinsip dasar gerakan Palang Merah adalah Kemanusian, Kesamaan, Kesukarelaan dan kemandirian. Dengan menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan melalui donor darah, akan membuat seseorang merasakan kepuasan batin yang akan berimbas pada kesehatan psikologis. Mari berbagi. Selamat hari Palang Merah Internasional," ujar Mularis Djahri.

author
No Response

Leave a reply "Hari Palang Merah Internasional, Mularis Djahri: Mari Berbagi, Ayo Donor Darah untuk Kemanusiaan"