banner 788x90

Hari Peduli Autisme, Mularis: Anak Autis Berhak Mendapat Pendidikan Yang Terbaik

banner 728x120

PALEMBANG – Saat ini anak-anak autis di Indonesia masih banyak yang mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari masyarakat. Masyarakat masih menganggap anak autis tidak patut diperhatikan seperti halnya manusia  normal. Namun, tidak demikian bagi seorang H.Mularis Djahri Calon Walikota Palembang. Justru dengan bergumul bersama mereka, dirinya dapat mempelajari kebesaran Allah SWT.

Mularis mengatakan, secara umum anak autis merupakan anak yang mengalami kesulitan untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan sulit merasakan emosi. Tapi di balik kekurangan tersebut, kata dia, anak  autis sebenarnya diberikan kemampuan yang luar biasa apabila mendapatkan penanganan yang tepat.

Menurutnya, walaupun saat ini memang banyak lembaga yang menyediakan layanan terapi bagi anak autis dan anak berkebutuhan khusus (ABK), tapi mereka pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sementara, kata dia, tidak semua anak autis berasal dari keluarga mampu.

Mularis pun melanjutkan, hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak bukan hanya milik anak-anak yang hidup serba berkecukupan. Semua anak, kata dia, apa pun latar belakang ekonomi keluarganya dan bagaimanapun kondisi fisik dan mentalnya, juga berhak mendapatkan pendidikan yang terbaik.

Melihat kondisi tersebut, Calon Walikota Zaman Now ini selalu berharap agar anak-anak tersebut bisa mendapatkan yang terbaik. Sehingga, mereka mampu menjadi manusia yang mandiri.

Menurutnya, saat ini keadaan anak-anak autis masih sangat membutuhkan perhatian, terutama anak yang berasal dari kalangan dhuafa. Karena itu, ia berharap pemerintah dapat dengan mudah menyediakan akses pendidikan kepada anak-anak autis dan ABK tersebut. Tidak hanya itu, pemerintah juga harus turut memberikan pemahaman tentang anak autis dan ABK lainnya kepada para pelayan publik. Dengan harapan, pelayan publik tersebut dapat memberikan pelayanan yang tepat.

Melihat kesejahteraan tunarungu di Indonesia saat ini, menurut Calon Walikota Palembang Nomor urut 4 ini masih sangat perlu diperhatikan oleh pemerintah, terutama masalah aksesibilitas di segala bidang, termasuk pendidikan. Kata dia, saat ini masih banyak tunarungu yang belum mendapatkan haknya seperti yang tertera di Convention Rights People with Disability (CRPD). Padahal, kata dia, Indonesia adalah salah satu negara yang meratifikasi hal itu. (rel)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Hari Peduli Autisme, Mularis: Anak Autis Berhak Mendapat Pendidikan Yang Terbaik"