Mularis Djahri: Kartini Tokoh Inspirasi Perempuan di Era Milenial

PALEMBANG – Dalam memperingati hari lahirnya RA Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April Calon walikota Palembang H.Mularis Djahri memuji Kartini sebagai tokoh emansipasi perempuan.“Beliau adalah tokoh emansipasi perempuan hebat dan menjadi inspirasi saya. Semangatnya yang tak pernah padam, bahkan makin terang hingga saat ini di era milenial,” ujar Calon Walikota nomor urut 4 tersebut.Sabtu (21/4/2018)

Mularis, mengaku sangat bersyukur Indonesia memiliki Kartini, yang berperan penting dalam sejarah bangsa, terutama dalam peran emansipasi perempuan.

Kartini, kata Mularis, mempraktikkan cara berpikir out of the box atau yang tidak lazim di zamannya karena tertarik cara berpikir kaum perempuan Eropa, tapi tetap ingin mengangkat kaum perempuan pribumi yang saat itu perannya masih sangat terbelakang.

“Ibu Kartini adalah tokoh yang sangat mencintai kaum dan bangsanya. Api nasionalisme menyala pada dirinya dan pikiran-pikirannya sangat penuh humanisme,” kata calon walikota zaman now yang diusung partai Hanura, Golkar dan PPP ini

Pada kesempatan sama, Mularis juga mengenang kisah Kartini yang sebelum usianya mencapai 20 tahun, tapi banyak melakukan korespondensi dengan kawan-kawannya, termasuk membaca koran, buku, dan majalah terbitan modern. “Karena itulah pemikiran-pemikiran modern telah diserapnya di usia sangat muda,” kata Mularis.(rel)

author
No Response

Leave a reply "Mularis Djahri: Kartini Tokoh Inspirasi Perempuan di Era Milenial"