Ini Komentar Walikota Pagar Alam Usai Menerima Presidium Kabupaten Besemah

PagarAlam, rakyatsumsel.com- Walikota Pagar Alam, Alpian Maskoni didampingi Sekda Pagar Alam, Senin (2/3/2020) menerima kedatangan Presidium kabupaten Besemah. Adapun kedatangan Presidium kabupaten Besemah untuk melakukan audiensi seputar pembentukan Kabupaten Besemah.

Walikota Pagar Alam, Alpian Maskoni mengatakan, berdasarkan hasil audiensi serta paparan Presidium Kabupaten Besemah dengan dirinya selaku kepala daerah di Pagaralam, dia menilai rencana tersebut masih perlu dikaji ulang serta penelitian mendalam.

“Saya rasa masih perlu kajian yang lebih mendalam lagi,” ujarnya.

Lebih jauh Alpian Maskoni menjelaskan dari hasil audiensi ini, dirinya belum mendapat penjelasan yang komprehensif mengenai sisi positifnya jika Kota Pagaralam digabungkan dengan wilayah Kabupaten Besemah.

“Dari paparan dan presentasi yang disajikan Tim Presidium Kabupaten Besemah, saya belum mendapat pemahaman yang sama utamanya mengenai potensi ekonomi daerah jika nantinya kabupaten baru ini didirikan. Pasalnya, setahu saya wilayah-wilayah yang rencana tergabung itu sama-sama minim sumber daya alam yang dapat menunjang eksistensinya nanti," ujarnya.
Lalu dari hasil audiensi ini,  apakah dirinya menerima atau menolak pembentukan Kabupaten Besemah? "Saya sampaikan di sini, bahwa Pemkot Pagaralam belum memposisikan diri menolak atau menerima rencana pembentukan Kabupaten Besemah,” ujarnya.

Diketahui, Tim Presidium Kabupaten Besemah  telah mendapat dukungan dari berbagai pihak untuk mewujudkan berdirinya kabupaten baru di Sumsel.

Kabupaten Besemah sendiri memiliki wilayah eks Kewedanaan Tanah Besemah, yakni wilayah Kota Pagaralam, Kecamatann Tanjung Sakti PUMU/PUMI, Kecamatan Mulak Ulu, dan Mulak Sebingkai, Kecamatan Jarai, Sukamerindu, Pajar Bulan, Muara Payang, Tanjung Tebat, serta Kecamatan Kota Agung Lahat.

Sebelumnya Presidium Kabupaten besemah sudah melakukan audiensi dengan Gubernur Sumsel, dengan Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jendral Otonomi Daerah (Dirjen Otoda), dan Pimpinan serta Anggota DPRD Pagar Alam.

Setelah audisensi dengan Walikota Pagar Alam, Rabu (3/3/2020) Presidium Kabupaten besemah dijadwalkan audiensi dengan Bupati Lahat dan DPRD Lahat. (***)

author
No Response

Leave a reply "Ini Komentar Walikota Pagar Alam Usai Menerima Presidium Kabupaten Besemah"