Pembentukan Kabupaten Kikim Area Tinggal Tunggu Pengesahan

Ketua Presidium Pemekaran Kabupaten Baru, Kikim Area Sumatera Selatan (Sumsel), Chozali Hanan menyatakan, pihaknya tetap memperjuangkan terbentuknya daerah otonomi baru (DOB) meski Presiden Joko "Jokowi" Widodo masih mengunci akses pembentukan wilayah pemekaran.

Chozali mengungkapkan, DOB Kikim Area ini membawahi 5 wilayah, yakni Kikim Timur, Barat, Selatan tengah dan Pseksu. Kalau DOB ini terbentuk, maka akan memudahkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat secara tepat guna.

"Kita berharap dapat memberikan kemudahan, memperpendek rentang kendali dari masyarakat kepada pemerintah dalam hal meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkap dia.

Chozali mengatakan, bahwa Kikim Area punya potensi besar untuk menjadi wilayah baru dan menjadi kabupaten sendiri. Karena dana bagi hasil yang selama ini diterima oleh Kabupaten Lahat, sebagian berasal dari potensi hasil bumi Kikim Area.

"Potensi Kikim Area cukup besar tidak diragukan lagi, ada tambang batu bara sekitar 2.355 juta ton, apa lagi minyak bumi dan gas alam demikian banyak di sana. Saya rasa itu potensi besar Kikim dapat berdiri sendiri," jelas dia.

Chozali menuturkan, untuk dapat disahkan sebagai daerah baru pihaknya sudah menyelesaikan semua kajian. Hanya terbentur soal moratorium. Bahkan saat tahun 2013, Kikim Area masuk 65 daerah yang sudah disetujui pemerintah pusat untuk menjadi DOB. Atas dasar itulah, pihaknya masih menunggu keputusan bila Presiden mencabut moratorium soal DOB.

"Sekarang tinggal moratorium saja. Begitu Moratorium dibuka, langsung disahkan. Tahapan dan kajian untuk menjadi kabupaten baru pun semua sudah diselesaikan, sesuai Amanat Presiden. Kita juga sudah menyampaikan hasil kajian ke DPR RI Komisi 2, dan termasuk dalam 65 daerah siap dimekarkan," tutur dia. (red)

author
No Response

Leave a reply "Pembentukan Kabupaten Kikim Area Tinggal Tunggu Pengesahan"