Golkar Minta Jatah 5 Kursi Menteri

No comment 76 views
banner 728x90

Jakarta, rakyatsumsel.com- Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono mengatakan partainya berharap mendapatkan 4 hingga 5 kursi menteri dalam periode pemerintahan selanjutnya. Menurut Agung, partainya memiliki hak tawar di antara partai anggota koalisi lainnya.

"Kami kan partai pemenang kedua dan kami partai yang pertama kali mengusung Jokowi lebih dulu, bahkan dari PDI Perjuangan dan Nasdem," ujar Agung di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Senin (27/5/2019). Menurut Agung, Partai Golkar berkontribusi besar untuk memenangkan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019.

Tidak hanya dalam kampanye, Partai Golkar juga memiliki kader dan simpatisan dalam jumlah besar yang ikut mendulang suara bagi Jokowi. Namun, menurut Agung, jatah menteri yang diharap bisa dipercayakan kepada kader Golkar, jumlahnya tidak banyak.

Agung mengatakan, karena tergabung dalam koalisi, Partai Golkar tidak ingin mendominasi sehingga mengurangi hak partai lain. "Ini adalah posisi politik kami, dan kami tentu tidak kemudian menganggap secara keseluruhan didominasi. Wajar lah 4-5 kursi," kata Agung.

Agung menyebut enam nama kader Golkar yang dinilai cocok menduduki kursi kabinet. Dua nama pertama yang disebut Agung yakni, Airlangga Hartanto dan Agus Gumiwang Kartasasmita.

Keduanya telah menjabat sebagai anggota Kabinet Kerja dan dinilai layak untuk melanjutkan kepemimpinan sebagai menteri. Selain itu, Agung juga menyebut empat nama lainnya.

Masing-masing yakni, Ilham Habibie yang merupakan anak Presiden ke-3 RI BJ Habibie. Kemudian, Ponco Sutowo, Ganjar Razuni, dan Indra Bambang Utoyo.

Menurut Agung, nama-nama tersebut tidak diusulkan secara langsung oleh Dewan Pakar. Namun, nama-nama tersebut beredar di kalangan internal DPP Partai Golkar, sebagai tokoh yang cocok mengisi posisi menteri. (tribun news)

author
No Response

Leave a reply "Golkar Minta Jatah 5 Kursi Menteri"