Ini Dia Calon Kuat Ketua DPRD Palembang

No comment 315 views
banner 728x90

PALEMBANG – Partai Demokrat berhasil memenangkan pemilihan umum (Pemilu) 2019 di Kota Palembang. Partai berlambang mercy ini mendapat kursi terbanyak total 9.

Partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono ini berhasil mengungguli Partai Gerinda pada posisi kedua (8) kursi dan PDI Perjuangan (7) kursi. Pada posisi keempat Partai Amanat Nasional (PAN) dengan koleksi 6 kursi, posisi lima ada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 6 kursi dan posisi ke tujuh ada Partai Golkar hanya 5 kursi.

Kemudian PKS berada diurutan ke delapan dengan torehan 5 kursi dan Partai Nasdem hanya 3 kursi. Sedangkan PPP hanya dapat 1 kursi. Di parlemen kota Palembang tujuh partai politik tidak dapat jatah kursi. Yaitu Hanura, PBB, Partai Berkarya, PSI, Partai Perindo, Partai Garuda dan PKP.

Dengan begitu Partai dengan nomor urut 14 ini akan menjadi ketua DPRD Kota Palembang periode 2019-2024? Lantas siapa paling layak menjadi ketuanya?

Menurut H Muchendi Mahzarekki Ishak ketua Komisi Pemenangan Pemilu (DPP), ada beberapa kriteria untuk jadi ketua. “Diusulkan oleh ketua DPC Kota Palembang atas dasar pertimbangan suara terbanyak, berpengalaman dan jabatan di kepengurusan partai,” kata putra sulung ketua DPD Partai Demokrat Sumsel, H Ishak Mekki ini.

Berdasarkan perolehan suara bisa jadi kursi pimpinan dewan jadi milik Zainal Abidin. Ya, caleg daerah pemilihan Palembang 6 (Kertapati, Jakabaring dan Seberang Ulu Satu) ini berhasil meraih suara terbanyak diantara delapan anggota terpilih lain. Zainal berhasil mengumpulkan 14.858 suara.

Zainal menggunguli Yuliana pada posisi kedua (9.705 suara) dan Pomi Wijaya (7.787 suara). Diposisi keempat ada nama M Arnisto Boling Panggarbesi putra mahkota atau anak pertama H Harnojoyo walikota Palembang dengan koleksi 7.510 suara.

Disusul Muliadi (7.254 suara), Chairuddin Pelita (5.724 suara), Ferry Anugrah (5,687 suara), dan Ilyas Hasbullah 5.677 suara. Selain punya suara tertinggi Zainal juga cukup berpengalaman dan punya jabatan strategis sebagai bendahara DPC Partai Demokrat Palembang.

“Setelah ada usulan itu baru di kirim ke DPD Sumsel. Setelah itu ketua DPD Sumsel melaporkan ke DPP (presentasi),” tukas dia. (edy)

author
No Response

Leave a reply "Ini Dia Calon Kuat Ketua DPRD Palembang"