Partai Berkarya Gugat 2,7 Juta Suara Yang Hilang

banner 728x90

Partai Berkarya menggugat hasil perhitungan suara Pileg 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Partai Berkarya menyebut ada 2,7 juta suara Partai Berkarya yang pindah ke Partai lain.

Dalam rekapitulasi hasil Pileg 2019 yang ditetapkan KPU, Berkarya mendapat 2.929.495 suara atau 2,09%. Dengan suara tersebut, Berkarya tak lolos ambang batas parlemen (Parliamentary Threshold/PT) sebesar 4%.

Namun Berkarya tak terima, partai besutan Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto itu menggugat hasil Pileg 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Berkarya mengklaim seharusnya mereka lolos ambang batas parlemen dengan 5.719.495 suara.

"Terdapat selisih perolehan suara pemohon (Berkarya) sebesar 2.790.000 suara," bunyi gugatan Berkarya yang telah diregistrasi MK, Selasa (2/7).

Berkarya yang diwakili kuasa hukum Nimran Abdurahman, menilai selisih suara tersebut terjadi karena adanya pengurangan jumlah suara di 20 provinsi yang tersebar di 53 daerah. Mulai dari Aceh hingga Kalimantan Selatan.

Berkarya menganggap pengurangan suara itu lantaran adanya kesalahan penghitungan atau salah input data hasil Pileg oleh KPU. Berkarya menyebut suara mereka sebanyak 2,7 juta beralih ke Gerindra, rekan koalisi Prabowo-Sandi.

Dalam gugatan itu Berkarya juga menyertakan hitungan kesalahan input suara di 53 daerah saat rekapitulasi berjenjang.

"Kesalahan penghitungan suara atau salah input oleh termohon (KPU) jumlahnya sangat signifikan, yang mengakibatkan pemohon tidak lolos ketentuan ambang batas 4% suara secara nasional, sesuai ketentuan Pasal 414 UU Pemilu," jelas isi gugatan.

Berdasarkan hal tersebut, dalam petitumnya Berkarya meminta MK membatalkan hasil rekapitulasi KPU pada 21 Mei dan menetapkan suara Berkarya sebanyak 5.7 juta.

"Atau memerintahkan KPU melakukan rekapitulasi ulang penghitungan suara di tingkat provinsi terhadap 53 daerah pemilihan," tegas isi petitum Berkarya. (kumparan.com)

author
No Response

Leave a reply "Partai Berkarya Gugat 2,7 Juta Suara Yang Hilang"