PSI Gugat Batas Usia Minimal Calon Kepala Daerah ke MK

banner 728x90

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengajukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi (MK). Uji materi yang diajukan tersebut berkaitan dengan aturan batasan usia calon kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Pengajuan permohonan uji materi tersebut  dilakukan pada Senin (23/9/2019) pukul 14.00 WIB siang ini. Adapun perwakilan PSI seperti Tsamara Amany, Dara Nasution, dan Faldo Maldini.

"Para politisi muda mendaftarkan permohonan Pengujian Undang-Undang Pilkada yang mengatur batasan usia calon kepala daerah dan wakil kepala daerah," ujar kuasa hukum Rian Ernest dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/9/2019).

Akan tetapi, pihaknya belum menjelaskan secara rinci, pasal mana sajakah yang menjadi bahan uji materi ke MK. Sebelumnya diketahui, Pemilihan Kepala Daerah serentak 2020 akan berlangsung pada 23 September 2020.

270 daerah akan turut menyelenggarakan pemilihan. Pemilihan tersebut terdiri dari 9 pemilihan gubernur dan wakil gubernur, 224 pemilihan bupati dan wakil bupati, serta 37 pemilihan walikota dan wakil walikota

Berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, syarat umur minimal untuk cagub dan cawagub adalah 30 tahun. Sedangkan usia termuda yang diizinkan untuk menjadi cabup atau calon wali kota beserta wakilnya adalah 25 tahun.

 

author
No Response

Leave a reply "PSI Gugat Batas Usia Minimal Calon Kepala Daerah ke MK"