PSI Lahat Kejar Target 2024

No comment 341 views

Lahat, rakyatsumsel.com- Pileg 2019 merupakan masa-masa yang sangat kelam bagi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Lahat. Bagaimana tidak, seluruh caleg PSI yang sudah disiapkan gagal bertarung akibat terlambat didaftarkan.

Meskipun tetap ikut Pileg 2019, namun PSI bertarung tanpa ada satupun caleg. Hanya muncul gambar dan logo PSI tanpa ada satupun nama caleg.

Kini perlahan tragedi tersebut mulai dilupakan dan bersiap menghadapi Pileg 2024, apalagi pada Pemilihan Bupati Lahat 2024, kursi yang akan digunakan adalah kursi DPRD Lahat yang diraih pada bulan April 2024.

"Namanya baru belajar berpartai. Selain belum ada pengalaman mengurus partai, waktu yang tersedia sangat singkat,"ujar Ketua DPD PSI Kabupaten Lahat, Hensyi Fitriansyah.

Hensyi menceritakan, dirinya ditunjuk menjadi Ketua DPD PSI Lahat hanya beberapa hari sebelum pendaftaran caleg di buka." Saya ini Ketua DPD PSI Lahat pengganti dari ketua yang lama. Ketua yang lama diganti karena PSI Kabupaten Lahat tidak lulus verifikasi. Penunjukannya mendadak. SK sebagai ketua baru turun sesaat sebelum pendaftaran caleg," kata Hensyi.

Dikatakan Hensyi, dengan waktu yang sangat singkat, dirinya harus menyusun kepengurusan PSI, tingkat Kabupaten, kecamatan dan desa di Kabupaten Lahat." Tidak sampai seminggu pengurus lengkap dan caleg lengkap 40 orang. Sampai sini aman-aman saja," jelas Hensyi.

Masalah timbul, ketika seluruh caleg Dapil KIKIM Area serentak mengundurkan diri jelang pendaftaran, diikuti juga oleh beberapa caleg dapil lain. "Alasannya beragam, ada yg tidak dapat izin keluarga, ada yg keluarganya ikut caleg juga, belum siap mental, dan alasan lainya. Padahal semua berkas sudah saya uruskan, berapa banyak dana sudah keluar untuk mengurus semua berkas," kenang Hensyi.

Tidak berselang lama, operator silon yang didaftarkan ke KPU Lahat, juga mengundurkan diri. "Saat itu sisa 25 caleg, dan belum ada yang diinput ke silon. Waktu pendaftaran sisa 2 hari lagi. Saya pikir saat itu, harus lengkap 40 caleg , kalau kurang ditolak." ujar Hensyi.

Karena bingung, lantas Hensyi mengajak wakil ketua DPD PSI Lahat ke Palembang, minta tolong bantu input silon ke operator silon PSI Sumsel. "Rupanya mereka juga lagi sibuk. Saya hanya diajari oleh pengurus PSI Sumsel dan PSI Palembang  cara input silon. Setelah latihan beberapa jam, akhirnya saya bisa. 25 berkas caleg berhasil saya input semua ke silon." kata Hensyi.

Namun karena kurang 15 caleg, untuk menggenapkannya Hensyi menemui keluarganya dari kabupaten Lahat yang tinggal dan bekerja di Palembang ." Akhirnya cukup 40 caleg. Pada pagi hari,  semua berkas saya serahkan ke wakil Ketua PSI Lahat. Dia saya suruh berangkat lebih dahulu ke lahat, sebab pendaftaran ditutup jam 12 malam," cerita Hensyi.

Sedangkan saya sebelum ke Lahat, ke rumah di Palembang dulu." Saya berangkat dari Palembang jam 12 siang sementara wakil ketua berangkat jam 8 pagi, tapi anehnya saat saya tiba di KPU Lahat jam 6 sore, wakil ketua dan berkas belum sampai ke KPU Lahat yang ada hanya beberapa caleg PSI yang sejak pagi menunggu di KPU," ujar Hensyi.

Saya telpon tidak aktif. Saya pikir mungkin langsung ke kantor PSI Lahat, tapi kami tunggu sampai jam 9 malam tetap tidak ada kabar." Akhirnya jam sembilan lewat, baru kirim kabar, kalau kecelakaan di daerah Muara Enim. Jam 10 malam kami susul ke Muara Enim. Sebelumnya kami kasih kabar ke sekretaris KPU Lahat kalau lagi ada musibah pecah ban, kata sekretaris KPU ditunggu sampai jam 12 malam,"

Masalah lagi timbul, saat kami sudah sampai di daerah muara enim, hp wakil ketua ini tidak bisa dihubungi lagi." Jam 12 malam baru kasih kabar ada di Masdjid, sementara mobil dan berkas ditingal di jalan. "

Jam 12 malam, seluruh berkas kami ambil alih dan segera berangkat ke KPU Lahat, namun sampai jam 2 malam dan sudah tidak ada komisioner KPU Lagi. Setelah kejadian, Wakil ketua PSI Lahat yang membawa berkas sampai saat ini menghilang dan tidak ada kabar lagi  " Kami tunggu dari jam 2 malam sampai besok harinya. Besoknya kami temui komisioner KPU Lahat, disuruh tunggu karena komisioner KPU Lahat lagi rapat.  Saat itu wartawan rame, mereka ingin memastikan apakah berkas kami diterima atau ditolak,"

Jam 11 siang, kami diterima ketua KPU Lahat. Setelah menjelaskan panjang lebar soal PKPU dan lain lain, mereka dengan berat hati mengatakan, kalau berkas kami tidak bisa diterima. "Setelah ditolak KPU, kami rapat dengan caleg di kantor PSI Lahat, hasilnya sebagian caleg menerima dengan lapang dada, namun ada sekitar belasan caleg yang tidak terima, kata mereka demi mendaftar ke PSI, mereka tidak daftar caleg ke parpol lain. Akhirnya ada kesepakatan, saya bantu mereka jadi caleg parpol lain, namun hanya sebatas dibantu jadi caleg, tidak ada bantuan lainnya dari PSI," jeas Hensyi.

Setelah mendatangi beberapa parpol, akhirnya eks caleg PSI bisa diterima di beberapa parpol, namun karena mengganti caleg lain, semua dapat no urut buncit.

Kini kenangan pahit tersebut sudah dilupakan oleh Hensyi dan bersiap menghadapi Pileg 2024. " Jangan disamakan pileg 2019 dan 2024. Pileg 2019 saya hanya punya waktu beberapa hari, sementara Pileg 2024 saya punya waktu panjang sekitar 4 tahun," kata Hensyi.

Dikatakan Hensyi, PSI Lahat  sampai saat ini masih penasaran untuk ikut Pileg." Kalau pernah ikut dan kalah mungkin tidak terlalu penasaran. Ini kan belum sempat ikut," kata Hensyi.

Hensyi mengatakan, untuk pileg 2024 dirinya menargetkan banyak kursi DPRD, sebab Hensyi punya ambisi lain ikut pemilihan bupati Lahat 2024. Pemilihan anggota DPRD Lahat digelar April 2024, sementara Pilkada Lahat November 2024, jadi kursi yang dipakai untuk calon Bupati Lahat adalah kursi DPRD Lahat hasil Pileg April 2024 " sama seperti pileg 2019, semua pencalegan gratis. Mulai dari pendaftaran, mengurus berkas, semua kami bantu. bahkan antar jemput ke rumah. Caleg PSI hanya pasang badan dan fokus bagaimana mencari suara. Kalender, baju, spanduk dan baliho semua kami bantu dan mulai berjalan 2021 setelah resmi dapat 40 caleg,"

"Kami tidak mau kejadian 2019 terulang, jadi akan bersiap 3 tahun sebelum pileg 2024 dimulai," tutup Hensyi yg tahun 2018 ikut bertarung di Pilkada Lahat, namun gagal jadi caon karena tidak cukup dukungan 8 kursi DPRD Lahat.

 

author
  • Author: 
No Response

Leave a reply "PSI Lahat Kejar Target 2024"