Putra Jokowi Jadi Kandidat Terkuat Walikota Solo, Ini Komentar PDIP

banner 728x90

Solo, rakyatsumsel.com-  Laboratorium Kebijakan Publik Unisri Solo merilis hasil survey Pilkada Solo 2020. Hasilnya nama putra presiden Jokowi, Gibran Rakabuming menjadi calon terkuat di banding calon walikota Solo lainnya. Popularitas Gibran bahkan melebihi Wakil walikota Solo , Achmad Purnomo, sementara Elektabilitasnya bersaing ketat dengan Achmad Purnomo.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Solo menyambut baik munculnya nama putra pertama Presiden Jokowi, Gibran rakabuming Raka dalam survei kandidat calon Wali Kota Solo. Bahkan, partai besutan Megawati Soekarnoputri itu mempersilahkan kepada pemilik katering Chilli Pari itu untuk maju menjadi kandidat calon Wali Kota Solo dalam Pilkada 2010.

"Kalau survei monggo-monggo saja. Kalau (Gibran) memang ada minat dan diyakini bisa memimpin masyarakat Solo ya silahkan saja," kata Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo

Bahkan, ia mempersilahkan kepada Gibran untuk maju melalui kendaraan politik PDIP. Hanya saja penjaringan seluruh kandidat nantinya harus mengikuti aturan dan mekanisme yang ada di partai. Hanya saja petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis mekanisme penjaringan calon itu masih menunggu instruksi dari DPP PDIP.

"Kita (PDIP) dengan siapa pun terbuka dan mempersilahkan saja termasuk kepada Mas Gibran, tapi nanti kami harus melalui proses sesuai dengan mekanisme partai," jelas Ketua DPC PDIP Solo yang akrab disapa Rudy.

Melejitnya tingkat popularitas Gibran dalam survei yang melibatkan responden warga Solo itu juga bukan sesuatu yang mengagetkan. Pasalnya, menurut dia, figur Gibran seabagai anak Presiden sangat dikenal oleh masyarakat.

"Ya enggak kaget lah kalau populer karena anak Presiden pasti populer lah. Tapi persoalannya menjadi wali kota ini kan melayani masyarakat secara keseluruhan, mestinya harus dipersiapkan," kata dia.

Lantas, Rudy yang juga Wali Kota Solo itu pun mengingatkan menjadi kepala daerah itu harus lurus dalam pengabdian dan ikhlas dalam pelayanan. "Menjadi wali kota jika tidak lurik (lurus dalam pengabdian dan ikhlas dalam pelayanan) itu susah, karena pikirannya akan ke mana-mana," ucapnya.

author
No Response

Leave a reply "Putra Jokowi Jadi Kandidat Terkuat Walikota Solo, Ini Komentar PDIP"