Sudah 11 Calon Walikota Daftar ke PSI

No comment 66 views
banner 728x90

Surabaya, rakyatsumsel.com- Mengantongi empat kursi, PSI jadi rebutan  para kandidat untuk mendapatkan tiket menuju Pilkada Surabaya 2020. Buktinya, setelah membuka pendaftaran, hingga kemarin ada sebelas orang yang mengirimkan permohonan direkom menjadi cawali/cawawali.

Jumlah pendaftar itu masih bisa bertambah. Sebab, pendaftaran bakal ditutup pada 20 Oktober. Jumlah pendaftar di PSI bisa jadi menyamai jumlah pendaftar di PDIP yang mencapai 18 orang. Bisa juga lebih dari itu. ”Kami mempermudah pendaftaran bagi yang tak sempat ke kantor. Mereka bisa mendaftar secara online,” ujar Ketua Panitia Konvensi PSI Jatim, Wendik Arifiyanto

Sebagai partai baru, PSI mampu menembus parlemen Surabaya dengan perolehan empat kursi. Mereka pun bisa membuat fraksi mandiri tanpa harus bergabung dengan fraksi lain.

Meski sudah bisa membentuk satu fraksi, PSI tetap harus membentuk koalisi partai untuk bisa mengusung pasangan calon (paslon) di pilwali nanti. Sebab, syarat pendaftaran minimal adalah 10 kursi. Yang bisa maju tanpa koalisi hanya PDIP yang meloloskan 15 kadernya di parlemen.

Meski begitu, Wendik belum bicara tentang koalisi. Partainya masih berfokus pada agenda pendaftaran. Setelah tuntas, proses selanjutnya adalah menguji para calon itu dengan mengundang sejumlah akademisi dan tokoh masyarakat sebagai panelis. ”PSI tak akan mengintervensi hasil uji panelis itu,” kata dia.

Namun, masih ada tahapan lain. Yakni, uji publik. PSI bakal menunjuk lembaga survei independen untuk menentukan nama yang berhak mendapat rekomendasi. ”Yang jelas, tak ada mahar politik bagi siapa saja yang mendaftar lewat PSI,” lanjutnya. (jawa pos)

author
No Response

Leave a reply "Sudah 11 Calon Walikota Daftar ke PSI"